Sunday, February 05, 2012

Startegic Marketing

Oten Prabowo



Sesi 1 dari Startegic Marketing

Market-Driven Strategy and Why is it Important?



“Without strategy the organization is like a ship without a rudder” Joel Ross and Michael Kami artinya perusahaan yang tidak mempunyai strategi, merupakan sebuah kapal tanpa kemudi .

Setiap orang yang ada di kapal tsb yang diidentikkan dengan pemimpin akan bergerak sesuai keinginannya sehingga kapal / perusahaan akan bingung mengarahkan dan akhirnya tidak bisa maju-maju karena arahnya tidak sama. Arah suatu perusahaan harus ditentukan oleh top management sehingga semua resources yang ada akan diarahkan untuk mencapai arah atau tujuan perusahaan yang merupakan visi dan misi perusahaan. Resources ini dapat berupa waktu, uang, asset, pikiran, pegawai dsb.



Strategi itu terdiri dari kombinasi dari competitive moves dan business approaches yang digunakan oleh manager untuk menjalankan perusahaan. Competitevs moves dapat dianalogikan dengan asal mulanya foto dimana dulu orang foto dengan kamera yang memakai film sebagai media. Setelah diproses yang memakan waktu lama dimulai dari cuci foto, bikin klise dan cetak sesuai ukuran yang kita mau sehingga tempat penyimpanan foto dam klise tsb. Hal tsb membikin repot dan orang berpikir setelah adanya era komputer dapatkah digital tsb dimanfaatkan. Mulailah orang berpikir apakah photography dapat dijadikan digital. Setelah riset yang cukup lama mulailah keluar Digital Camera – prosumer dengan 1 mega pixel tapi harganya cukup mahal. Lalu dikembangkan Digital Camera dengan SLR pun (dengan lensa yang dapat diganti) tapi harganya masih mahal sekali. Tapi sekarang ini kamera digital prosumer mempunyai minimal 3 mega pixel. Competites moves dimulai dari teori convergence yang arahnya bersatu dalam satu tempat. Sekitar tahun 1980 an, perkembangan handphone (hp) yang dimulai dari hp Motorola yang segede batu bata dimana barang tsb dapat ditenteng oleh orang seperti menenteng koper saja dan harganya sangat mahal tapi gengsinya yang selangit karena tidak semua orang dapat membeli barang tsb.

Nokia mulai mengembangkan hp tsb menjadi kecil yang mudah digengam. Tapi setelah perkembangan kecil tsb ada batasnya, mulailah merambah ke penambahan fitur yaitu kamera agar hp tsb jadi fashionable. Sekarang ini kamera digital bukan bersaing sesama pabrik kamera digital seperti Canon, Nikon dll tapi bersaing juga dengan handphone, pda dll

Adanya business approach yang membikin konsorsium yang membatasi besarnya pixel dengan pembagian sbb: kamera digital prosumer harus diatas 3 mega pixel dan dibawahnya hanya dipakai oleh hp dan pda. Tapi rumornya, Samsung sdh siap hp dengan hp yang mempunyai fitur 5 Mpixel.





Beberapa Game plan dari manager adalah sbb:

Menarik dan menyenangkan pelanggan
Mengawasi posisi di pasar
Memenangkan persaingan
Tumbuhkan business
Ciptakan Competitive Advantages and pertahankan
Mencapai target financial yang objektif



Adakah Startegi yang anda siapkan dalam kehidupan pribadimu?

Mungkin anda bias merenung sejenak…………….

sebelum melanjutkan membaca…….



Strategi pribadi saya yang berhasil adalah menikah dan mempunyai dua anak bisa laki atau perempuan tapi Tuhan telah memberikan yang terbaik yaitu anak lelaki yang pertama yang sekarang berumur 15 tahun dan perempuan yang kedua yang telah berumur 11 tahun. Selisih 4 tahun merupakan hasil kompromi kita berdua karena kalau satu tahun atau dua tahun terlalu berat untuk wanita untuk memulihkan tenaganya dan merawat anak balita tapi klu 3 tahun sudah cocok tapi bila kita pikiran di masa yang akan dating dimana bayaran uang pangkal sekolah karena pas satu anak masuk sma dan satunya masuk smp yang berarti uangnya harus disediakan berlipat untuk bayar uang pangkal. Jadi dipilihlah 4 tahun dan Tuhan memberkatinya akan strategi ini. Idenya sederhana walaupun pada saat itu krisis belum terjadi sekitar tahun 1991.



Bagaimana mendefinisikan Strategi Perusahaan

- bagaimana menyenangkan pelanggan (how to please customers)

- bagaimana merespon untuk mengubah kondisi market (how to respond to changing market conditions)

- bagaimana memenangkan persaingan (how to outcome rivals)

- bagaimana menumbuhkan businesshow ( to grow the business)

- bagaimana menciptakan Competitive Advantages dan mempertahankannya (how to create Competitive Advantages and sustain)

- bagaimana mengatur setiap fungsi dari business dan mengembangkan kemampuan orgnisasi yang diperlukan (needed organizational capabilities) (how to manage each functional pieces of business and develop needed organixzattional capabilities)

- bagaimana mencapai target dan financial objektif (how to achieve strategic and financial objectives)



Di Manajamen Pemasaran dikenal 6 konsep pemasaran yaitu:

Production Concept dimana produk secara banyak diproduksi dan harga produk tidak mahal tanpa ada usaha unutk memasarkannya. contoh: produksi ikan asin sampai sekarang diproduksi.
Product Concept dimana produksi dikeluarkan dengan kualitas yang terbaik, kemampuan dan fitur yang innovatif. contoh: produksi buku tulis.
Selling Concept dimana penjualan dilakukan secara agresif dan adanya usaha promosi contoh: penjualan Mobil Ford dimasa lampau dimana penjualan dilakukan secara agresif tapi ketika orang memilih warna tapi mobil yang keluar dari pabrik tetap hitam.
Marketing Concept dimana efektif menciptakan, mengirim dan mengkomunikasikan customer value. contoh ketika Pak Tirto Utomo mencoba mengeluarkan konsep marketing yang sampai sekarang kelihatan hasilnya yaitu air yang dikemas dengan konsep yang menarik bahwa air tsb merupakan air dari sumber air di pegunungan yang jernih, segar dan bebas polusi. Ini berbeda kalau dibilang air dari sumber air di Glodok . Pasti engga laku karena Glodok identik dengan ruwet, macet dan polusi. Ide ini terbetik ketika pengalamannya sebagai orang yang kerja di Pertamina yang sering mendapat kunjungan dari orang2 luar negeri yang selalu merasakan sakit perut kalau meminum air di Indonesia, mungkin karena air sumur / tidak standard cara memasaknya atau alat masaknya tidak steril.
Customer concept dimana membentuk penawran yang produk/ service yang special untuk pelanggan individu contoh bisnis sepatu boot yang kesannya individual dimana orang tsb di ukur agar dipakainya enak, comfort berikut fashionable dan salah satu pelanggannya dalah aktris Cornelia Agatha
Socail marketing Comncept dimana fokusnya adalah need / want dari target market dan mengeluarkan superior customer value dalam aspek social yang panjang. Contoh Bila anda sering jalan di Mal ternyata ada suatu toko yang sangat menarik perhatian saya dimana Annita Rodick sangat mementingkan aspek produksi barangnya secara natural dan sangat menentang test dengan binatang (against animal testing) … apa nama tokonya…… betul tebakan anda bahwa nama tokonya adalah Body Shop yang sudah menyebar di puluhan negara dan ratusan toko

No comments: