Sunday, February 05, 2012

Kita butuh Keheningan...

Siang itu seorang tukang kayu yg sedang sibuk mengergaji, tak menyadari jika jam tangan yg dipakainya terlepas dan terjatuh di tumpukan serbuk kayu yang menggunung,
kemudian dia tersadar akan jamnya yang jatuh segera ia meletakan gergajinya dan mengorek-ngorek serbuk kayu tersebut namun sampai duapuluh menit dia tak bethasil menemukan jam tangannya.

Tidak lama tiba jam makan siang dan si tukang kayu meninggalkan bengkelnya dengan tidak bersemangat krn masih memikirkan jam tangannya yg hilang.

Tiba-tiba seorang anak kecil yg sejak dari tadi memperhatikan tingkah laku tukang kayu datang dan mendekati tumpukan serbuk kayu dimana jam tangan terjatuh, perlahan dia jongkok dan tidak bergerak, diam dan konsentrasi selama beberapa menit, kemudian dia menemukan jam itu.

Alangkah senangnya si tukang kayu dengan bantuan si anak kecil tersebut, lalu dia bertanya,"bagaimana kau bisa menemukan jam ini?",
jawab si anak kecil, "mudah saja, saya jongkok dan diam dengan tenang dan hening,
saat 'diam' dan 'hening' itulah saya bisa mendengar bunyi jarum jam yang berdetak..",

Teman,
Kadang ketika kepenatan mendera, masalah bertumpuk, stress kerjaan berlimpah, problem segudang dan lain lain, kita sibuk mencari solusinya, kita berusaha keras, dalam keadaan panik dan terburu-buru kiata ingin segera menyesaikannya. Tapi dalam keadaaan tersebut sepertinya sulit kita mendapatkan solusinya dan tidak terlihat jalan keluar penyelesaian sauatu masalah.

Mungkin ada baiknya kita istirahat sejenak, refresh, merenung, meditasi, refleksi, relaksasi, kontemplasi, atau apapun namanya, mungkin kalau muslim shalat dan berdoa dengan khusu, (lebih hening lagi dg shalat malam).

Dalam keadaan hening kita bisa lebih fokus, dalam keadaan hening kita lebih jernih berfikir, dalam keadaan hening tabir-tabir masalah mungkin bisa jadi terbuka.

Karena ternyata banyak permasalahan bisa ketemu solusinya saat keadaan diri kita saat tenang, relaks dan hening....(selamat mencoba)


Pontianak, 23 Jan 2012,
(yg lg dar der dor Mercon n kembang api..)

No comments: