Sunday, February 05, 2012

Muhammad Ali...

ni ada tulisan, menemani sarapan pagi di hari minggu, minum kopi, susu atau sambil makan bubur...xixixi..

Mungkin anda pernah mendengar petinju legendaris juara kelas berat dunia th 70an Muhamad Ali?

Petinju Besar yang di juluki "si Mulut Besar".
Jika kita perhatikan bahwa setiap press konfren Muhamad Ali pasti akan selalu melakukan "pshyco war", atau perang psikologi (perang difikiran) terdahap lawan-lawannya.

Dia selalu yakin bahwa dia selalu dapat mengalahkan lawannya dan dengan lantang, tatapan tajam terhadap lawannya, dia bilang "I will knock you down in round 3.." Diucapkan lagi "I will knock you down in round 3.." kata-kata ini terus diulang terhadap lawannya dengan penekanan yg kuat.

Secara tidak sadar kata-kata itu akan masuk ke fikiran lawannya, semakin difikirkan lawannya semakin dalamdan kuat bayangan itu ada difikiran, sehingga lawannya akan berusaha menyangkal difikirannya, " I will not knock down in round 3" , sehingga difikiran lawannya bukan berusaha untuk menang tapi menyangkal tidak akan jatuh di ronde 3.

Dan hasil akhir pertandingan tidak selalu lawannya jatuh di ronde 3, lawannya berfikir bahwa dia tidak jatuh di ronde 3 seperti yg Ali bilang.

Tapi yang pasti hasil pertandingan Ali adalah pemenangannya.

Hikmah cerita tsb adalah,

Muhamad Ali sdh bisa melakukan "afirmasi" di diri dia dan membentuk opini di fikiran lawannya.

Dan memang kadang apa yang ada di fikiran selalu mendahului kenyataan.
Apa yg ada di fikiran akan mempengaruhi hasil di realita yang sebenarnya..

Jadi hati-hati dengan fikiran kita, karena boleh jadi realita yang ada sekarang adalah hasil dari apa yg ada difikiran kita.

Selamat berlibur..dan makan bubur..

No comments: