Wednesday, February 08, 2012

Siapa yang dorong saya...?

Pada suatu hari ada perayaan di rumah seorang kepala adat. Perayaaan yang meriah untuk merayakan kesuksesan hasil panen di kampung tersebut.

Ada hal menarik depan rumah atau halaman pak Kepala adat dipisahkan dengan subuah kolam yang panjangnya sekitar 50m dari depan rumahnya.

Saat warga sedang menikmati makanan dan minuman, pak kepala adat memberikan pengumuman untuk warganya.
"Wahai wargaku, untuk merayakan kesuksesan panen tahun ini, saya mengadakan sebuah sayembara...."

Maka bergemuruhlah para warga dan berkumpulan persis didepan kolam rumah kepala adat, sambil berharap cemas, sayembara apa yg akan diumumkan.

"Sayembara itu adalah, barang siapa yg bisa melewati kolam didepan halaman rumah saya, maka akan saya jodohkan dengan putri saya, akan saya berikan rumah, harta serta emas.."

mendengar pengumuman tersebut ramai warga bersorak-sorai...

"..eit tapi jangan salah, itu kolam sudah saya isi dengan buaya-buaya dan ular di dalammnya.., jadi buat pemuda yang berani, silakan sembrangi kolamnya..!"

Mendengar pengumuman seperti itu, suasana yg tadinya ramai sorak-sorai dan riuh-rendah menjadi sunyi senyap dan hening beberapa menit.

Tiba-tiba terdengar suara "gubraaarrrr...!", terlihat seorang pemuda masuk ke kolam tersebut dan dengan kecepatan yg ruaaar bisa dia berenang untuk menghindari ular dan buaya di kolam tersebut.

Para warga dan kepala ada terhenyak melihat kejadian tersebut, sungguh peristiwa yang sangat mendebarkan, melihat pemuda berenang diantara buaya dan ular di kolam tersebut.

Dan akhirnya dia selamat dan sampai di ujung kolam, bergemuruhlah sorak-sorai warga melihat sang pemuda selamat dari kolam tersebut.

Melihat keberanian yang ruaarr biasa dari sang pemuda, kepala adat sangat terkesan dan bangga. Ternyata ada pemuda yang berani mengorbankan nyawanya demi mencapai tujuannya, Kemudian Pak Kepala Adat mengucapkan selamat dan berkomentar.."sungguh saya saya terkesan dan bangga kepada anda, sesuai janji saya maka anda akan mendapatkan semua itu, gimana rasanya anak muda..?

Dengan napas yg masih tersengal-sengal dan ngos-ngosan sang pemuda tersebut menjawab..".saya hanya ingin tahu, siapa tadi yang dorong saya...?"

......

hua..ha..ha..ha..
Ternyata dia menyebrang hanya karena ada yang mendorong dan sudah terlanjur di dalam kolam maka harus dilanjutkan sampai selesai.

Kadang untuk mencapai suatu tujuan kiat harus ada yang memaksa "mendorong" untuk menjalani dan melakukan prosesnya, prosesnya memang sungguh "menakutkan" dan penuh perjuangan, tapi ketika proses itu sudah selesai dan sukses, maka anda akan bertanya, siapa yang mendorong saya?

selamat beraktifitas...

No comments: