Thursday, October 21, 2010

Bagaimana Orang Bisa Kaya (II)

Berpikir Seperti Orang Kaya Berpikir

Di tulisan sebelumnya saya pernah sampaikan bahwa mind matter, semua bermula dari pikiran kita. Jika demikian maka mari kita lihat bagaimana orang kaya berpikir. Orang kaya mengisi otak mereka dengan pikiran, kata-kata, dan citra kemakmuran, pengaruh, kesuksesan, produktivitas, dan pemecahan masalah di pasar. Mereka membaca buku dan majalah yang bercerita tentang orang kaya lainnya dan mengilustrasikan hasil dari penciptaan kekayaan. Mereka berpikir tentang rumah yang megah, mobil yang bagus, pakaian yang indah, dan liburan. Mereka terus berharap untuk menikmati hal-hal yang menyenangkan itu sebagai hasil atas usaha mereka Cari tahu apa yang mereka baca. Temukan bagaimana cara mereka menghabiskan waktu. Cari tahu apa yang mereka bicarakan, pikirkan, tuliskan dan kemudian lakukan hal yang sama seperti yang dilakukan orang-orang kaya.

Tanamlah di dalam kebun pikiran Anda hal-hal yang ingin Anda lihat tumbuh di dunia sekitar Anda.

Bersiap Untuk Perjalanan Panjang, No Short Cut

Orang kaya percaya pada hukum akumulasi. Hukum akumulasi: segala sesuatu yang hebat dan berharga dalam hidup manusia adalah akumulasi dari ratusan bahkan ribuan usaha dan pengorbanan kecil yang hanya dihargai dan dilihat oleh segelintir orang. Hukum ini menjelaskan bahwa sukses besar jarang muncul dalam waktu semalam. Sebaliknya sukses yang bertahan lama merupakan hasil akumulasi dari waktu yang tak sedikit.

Ada tiga bidang di mana hukum akumulasi penting bagi kesuksesan finansial: pengetahuan, uang, dan pengalaman.

Pengetahuan adalah Kekuatan

Pengetahuan adalah kekuatan dan merupakan faktor kunci dalam memberikan pengungkit yang anda butuhkan untuk menggandakan berbagai peluang Anda. Siapapun yang memiliki dasar pengetahuan yang banyak, dia telah menginvestasikan ribuan jam untuk membangun perpustakaan mental dengan satu ide setiap kalinya. Sebagai hasil kumulatif dari tahun-tahun belajar dan bertumbuh itu si individu menjadil ahli dalam suatu bidang dan dapat memperoleh penghasilan dan gaji besar dibandingkan mereka yang tidak memiliki pengetahuan tersebut. Inilah alasan mengapa 20% orang teratas di bidangnya memperoleh penghasilan 80% uang dalam bidang tersebut. Mereka tahu lebih banyak dibandingkan pesaing mereka.

Hematlah Uang Anda

Semua keberuntungan besar merupakan akumulasi dari ratusan dan ribuan jumlah uang yang kecil. Orang-orang kaya jarang memulai dengan terobosan finansial yang besar atau mendapatkan jackpot, meskipun itu yang dikejar banyak orang pada usia 20-an sampai dengan 30-an.

Sebaliknya orang-orang kaya dan makmur memperbanyak dan mengakumulasi pelan-pelan pada awalnya, satu langkah setiap kali, dan hanya mendatangi orang-orang istimewa yang menunjukkan kemampuan untuk mendapatkan dan mempertahankannya.

Tempat di mana anda memulai perjalanan menuju kekayaan adalah tempat di mana anda berada sekarang. Jika anda tidak dapat mendisiplinkan diri untuk hidup hemat dan mulai menabung uang anda mulai dari sekarang maka Anda tidak dapat berharap untuk mengembangkan kualitas itu nanti.

Jika anda mencari rumusan sederhana bagi kesuksesan finansial maka bunyi rumusan sederhana itu adalah: “Belanjakan lebih sedikit daripada yang Anda dapatkan”.

Kotori Tangan Anda

Orang sukses dan kaya dalam berbagai bidang hampir selalu orang yang memiliki lebih banyak pengalaman di bidang tertentu dibandingkan orang kebanyakan. Dan tidak ada yang bisa menggantikan pengalaman.

Saya akan menceritakan sebuah kisah nyata dari 2 orang saudara kandung. Sang kakak selesai SLTA melanjutkan studi ke perguruan tinggi sedangkan adiknya memilih langsung bekerja setamat SLTA sebelum akhirnya melanjutkan sekolah walaupun harus mengambil kelas malam. Mereka berdua hanya terpaut umur 1 tahun. Sepuluh tahun kemudian ketika mereka bertemu lagi, sang kakak yang nota bene lulusan dari universitas negeri terkemuka tidak pernah mampu melampaui penghasilan sang adik yang menang dalam hal pengalaman dan menjadi sangat ahli setelah 10 tahun mengakumulasi pengalamannya.

Para ahli sepakat, dibutuhkan 5 sampai 7 tahun pengalaman dengan jam terbang 10.000 jam pengalaman untuk membuat orang ahli dalam bidang apa pun. Dan satu-satunya cara untuk mendapatkan pengalaman itu adalah dengan bersedia gagal, melalui coba dan salah, lalu kemudian belajar dari pengalaman itu.

Musuh terbesar dari pencapaian tingkat keahlian dan imbalan besar yang mengiringinya adalah “zona nyaman”. Sebagian besar orang begitu nyaman di tingkat kinerja dan pencapaian yang rendah sehingga sangat ketakutan untuk mencoba segala sesuatu yang baru dan berbeda. Namun kenyataannya, sampai anda keluar dari zona nyaman dan melakukan serangkaian kesalahan demi kesalahan untuk mendapatkan pengalaman yang membuat anda sukses, tidaklah mungkin bagi Anda untuk bertumbuh yang memampukan Anda membuat uang lebih banyak. Anda menjadi sukses hanya dengan mengambil resiko tidak adanya jaminan untuk sukses.

Hal ini berlaku bagi Anda pada segala jenis pekerjaan baik yang bekerja pada sebuah perusahaan lain, perusahaan sendiri, maupun jika Anda adalah profesional (self employement).

Minggu depan kita akan melanjutkan pembahasan tentang: Kebenaran Besar (tidak ada yang netral), Hukum Keyakinan, dan Pola Pikir Jutawan. Karena itu kami anjurkan para pembaca wikimu.com tidak melewatkan rangkaian dari seri tulisan ini.

No comments: