Thursday, October 19, 2006

Merpati Tak Pernah Ingkar Janji

Ini tulisan masih seputar Dunia Penerbangan Kita, Minggu ketiga Oktober ini saya ada tugas di daerah Kupang, dan setelah melihat jadual penerbangan, Penerbangan paling pagi adalah dengan Merpati, maka saya booking tiket agar siang hari saya bisa sampai di kupang seperti jadual yg tertulis jam 11.30 saya sampai di Kupang.

Dari Bandara Cengkareng semua berjalan normal, pesawat take off tepat waktu dan untuk samapi di kupang pesawat akan transit di Bali lalu kemudian menuju kupang.

Sampai di Bandara Ngurahrai Bali, kita transit di dulu dan ternyata dengan entenngnya petugas bilang bahwa pesawat delay samapi jam 15.wit dengan alasan operasional mengalami keterlambatan.

walah coba bayangkan, kita yg sudah punya planing kok tiba2 jadi berantakan dengan informasi seperti ini, padahal menurut istilah "time is money" ngak bisa tergantikan .

tapi pas jam makan siang kita di panggil ke gate untuk dapat makan siang, ya yang ngak puasa silakan makan kalau yg puasa mah bersabar saja,

saya jadi teringat judaul Film tahun 80-90an, ada judul film " Merpati tak Pernah Ingkar Janji" tapi merpati yg ini dengan santainya pesawat di tunda keberangkatan sampai 5 jam lebih, tanpa ada usaha menganti secepatnya dengan pesawat lain atau bagaimana caranya agar pelanggan (sekarang katanya pelanggan bukan penumpang) tidak merasa dipermainkan seenaknya, kita ini bayar bukan gratis tapi dapat pelayanan seperti ini.
kalau menurut Ilmu Pelayanan Pelanggan, pelanggan yg ngak puas atau kecewa itu akan menginformasikan kepada 10 temannya yg lain, tapi kalau puas biasanya cukup ke satu orang saja, bayangkan ini penumpang sekitar 100 orang dan kecewa maka akan sampe pada minimal 10 X 100 = 1000 orang yg dikasih kabar kejadian ini.
Effek yg terjadi adalah "image" perusahaan ini susah di belinya/dibayarnya, perlu waktu untuk mengembalikan kepercayaan pelanggan, kalau luka karena ke iris pisau mungkin dalam beberapa hari akan sembuh tapi kalau luka hati lama akan sembuhnya dan akan terekam dalam memory dalam waktu yg cukup lama.

ini pesan saja sih, karena hukum alam akan bicara dan siapa yg melayani dengan baik maka ia akan mendapatkan yg baik pula, kalau penggelolaannya seperti ini dan tidak ada usaha kearah lebih baik maka tinggal menghitung mundur aja sampai berapa lama bisa bertahan atau kalau mengutif istilan Nabi "barang siapa yg mengelola itu bukan ahlinya maka tunggulah kehancuran",
Makanya mohon ya di perbaiki dan introspeksi.., ayo majulah Dunia Penerbangan kita...!!

No comments: