Friday, May 12, 2006

Bisnis saya diliput Majalah DUIT

Dear Fren,
Berawal dari daftar kopi darat di milis bisnissambilan Pak Masbukhin, Rabu Malam saya di Bel MasEben dari Majalah duit di interview mengenai bisnisMainan yg saya Geluti dan kamis Sore kemarin sayadiambil fotonya oleh fotografer majalah DUIT Mas Alfian, Infonya akan di terbitkan untuk edisi AwalJuni 2006, Trims sebelumnya Pak Masbukhin, Mas Ebendan Mas Alfian (aseli ngak nyangka , suprise bgt)
"flash back" kebelakang: (semoga menginspirasi teman2yg lain)
Sebelumnya saya dan Istri memang lagi nyari bisnissambilan, "apa ya bisnis yg bisa dijalanin dirumah,modal murah, dan saya bisa jalanin sambil kerja.berawal ketika anak saya yg kelas 1 SD mau menghadiriUlang Tahun temannya, ternyata kesulitan cari KadoMainan Anak, dan Orang Tua tetangga anak saya juga kesulitan juga cari kado, "masak sih acara ulang tahuntetangga dirumah aja harus beli ke pasar, kan jauh"bisa jadi ongkosnya lebih mahal dari kadonya"dari peristiwa itu Isteri saya dapet ide "Aha","Jualan Mainan Anak saja Buat Kado", ide sudah didapatmaka diteruskan dengan cari tahu dimana dapet beliMainan Anak, dimana beli etalase, dimana beli RackMainan, akhirnya Awal Agustus 2005 kita buka tokoMainan di depan Rumah.
tapi ternyata, "angin diluar kencang juga", adatetangga yg bilang, kok orang kerja mau dagang sih,apa kekurangan duit?". ada teman bilang lho kok jualanmainan bisnis kecil gampang diru orang" tapi kita cobajalanin dulu, eh ternyata teman yg dukung lebih banyakkok dari yg pesimis. Bulan berikutnya teman saya maudititipkan mainannya di warungnya,dengan sistem titipbarang, "aha" kenapa ngak dititipin aja ya di warungteman2?, bulan berikutnya temannya teman warung maudititipkan juga, terus berulang dan sekarang sudahtitip di 5 toko, dan terakhir di titip di warungtetangga juga yg kebetulan dagang POP ICE dankebetulan juga dia janda dengan 11 anak, "ya titipbarang sambil menolong dia lah, minggu ini ada 3tawaran dititip, di warung kenalan orang tua muridwaktu di anak saya di TK , dititip di warung TukangAqua tetangga (langanan keluaraga saya), dititip disahabat isteri waktu kecil isteri, Pokonya tawarin kesemua teman & kenalan, tetangga, teman SD,SMP,SMA,teman Kerja,ex teman kerja, wah kesempatan makinterbuka lebar..., yg sebelumnya ngak terpikirkanlho...,
mungkin ada yg bertanya"lho kok dititipin? nanti untungnya sedikit dong",bagi saya biar untung dikit yg penting bisa berjalanterus dan kita saling tolong menolong lah. dan jugakalau mulainya dari toko mungkin kita ngak jalan2 krn perlu Modal untuk sewa toko dan gaji pegawai kan.
"Lho kalau warung nya tahu dimana belinya daripemasok, nanti dia jalanin sendiri lho?, ngak apa2cari partner yg lain lagi aja, ya semoga dia bisalebih beruntung lah jalanin sendiri, minimalnya idesaya dijalanin dia dan menginspirasi dia.
kedepan sih, ingin sewa toko juga atau punya tokokali...,
eh jangan lupa ya, liat & beli Majalah DUIT edisi Juni..

2 comments:

Eben Ezer Siadari said...

Mas Sumirat,
Nggak nyangka kalau Mas bikin blog juga. Wah, kita2 jadi merasa terancam nih. Bisa kehilangan kerjaan kita, akalu pengusaha juga ikut jadi penulis.:-)

Anyway, kami juga berterimakasih untuk kesediaannya kali wawancarai. Kami juga butuh belajar tentang apa saja di dunia entrepreneur. So, jgn kapok kami ganggu ya?
Juga beritahu teman2, ada DUIT! tempat kita sama2 belajar.Hehehe
Sukses selalu

Eben (DUIT!)

Masbukhin Pradhana said...

Kalau Pengusaha mulai menulis, justru ditakutkan akan ketagihan dan gak ngurusi bisnisnya :-)
Saya yakin, menulis ini bagian dari hobby, seperti juga bisnis. Kalau sesuatu dilakukan dengan riang, tidak terasa capeknya. Yang pasti terasa adalah HASILnya

salam entrepreneur !
www.masbukhin.com