Thursday, August 13, 2009

Resiko...

Resiko…

Suatu kata yang tidak disuakai oleh sebagian besar dari kita adalah Resiko. Apakah mengambil resiko itu membuat hidup anda tidak nyaman? , sebagian besar dari kita tidak suka mengambil resiko kecuali jika kita harus melakukannya. Sebenarnya resiko merupakan bagian dari hidup seperti halnya makan dan tidur. Kita semua harus menghadapi resiko dan membuat pilihan-pilihan dalam hidup.
Ada 3 tipe orang yang bersikap terhadap resiko,

Pertama adalah menjadi seorang pengambil resiko dan tak kenal takut.
Pemikiran seperti ini sungguh menggugah semangat banyak orang, persoalannya adalah mengabaikan kerugian yang menyertai setiap resiko besar, mereka lebih sering kalah ketimbang menang.

Kedua adalah sebagaimana orang umumnya mengahadapi resiko adalah dengan menghindarinya.
Jiwa-jiwa yang penakut ini membiarkan sisi yang merugikan dari sisi resiko membutakan mereka dari keuntungan-keuntungan yang mungkin diperoleh. Orang yang menhindari resiko membiarkan ketakuak mereka akan kegagalan dan hal-hal yang tak diketahui menutup kesempatan apapaun untuk mecapai lingkaran pemenang. Mereka tetap ada dalam pekerjaan atau karir yang tidak disukai hingga usaia 65 tahun, karena mereka merasa aman dan hanya itulah yang mereka ketahui. Mereka tidak menyukai tempat mereka tinggal tapi tidak memimpikan pindah ke suatu tempat yang mereka sukai.
Melalui perilaku mereka sendiri, orang-orang yang menghindari resiko ini menghukum diri mereka sendiri pada keadaan yang biasa-biasa saja seumur hidup mereka tanpa pembebasan bersyarat.

Ketiga adalah pengelola resiko.
Dibanding menjadi pengambil resiko dan penghindar resiko ada yang menjadi pengelola resiko, mereka akan mengambil informasi sebanyak mungkin menimbang kebihan dan kekurangannya dan memutuskan apakah mengambil kesempatan itu atau tidak, apabila kemungkinannya memihak mereka mereka akan kejar jika tidak mereka akan mengabaikannya dan berjalan terus, Pengelola resiko yang baik tidak merebut semua kesempatan, tetapi mereka mendapatkan jauh lebih banyak daripada yang mereka lepaskan, hasil bersihnya adalah kenaikan terus menerus ke tanggan menuju lingkaran pemenang.

Jadi pilh mana pertama, kedua atau ketiga...?

No comments: