Friday, June 02, 2006

Mempermudah Bisnis Anda (artikel)

ini ada artikel dari Tanadi Santoso di PasFM, semoga tambah wawasan.., ya saya juga lagi belajar..

Mempermudah Bisnis Anda

Pertama, dia bilang bahwa buatlah perusahaan Andasupaya mudah untuk diajak berbisnis. Buatlahperusahaan Anda agar simple dan gampang diajaktransaksi. Seperti halnya McDonald, orang hanyadatang, ntri sebentar kemudian membayar dan selesaisudah transaksinya. Jangan membuat perusahaan Andasusah. Seperti halnya orang mencari Anda susah,menemukan harga produk Anda juga sama susahnya. Ituhanya akan membuat perusahaan Anda tidak pernah bisaberkembang.

Kedua, tambahilah nilai-nilai pelanggan Anda. Moreadded value to your customer. Kalau konsumen Andahanya menginginkan barang, maka kirimkanlah barang itudengan bungkus yang menarik. Kalau dia menginginkantiket yang sederhana, maka kirimkan tiket itu denganpelayanan yang menarik. Hal ini akan menambah nilaidari barang tersebut.
Ketiga, pelajari proses bisnis Anda. Karena MichaelHummer terkenal dengan reengineering, maka dia selalubilang bagaimana menghadapi customer Anda. Mulai daridia tahu dan ketemu dengan perusahaan Anda, hinggamembayar semua barang yang telah ter-delivery. Makakata proses menjadi kata kunci dan harus diperbaikidengan sebaik-baiknya.

Keempat, cobalah secara umum dapat merubah kreativitasmenjadi rutinitas. Bagaimana kita bisa mengubahpekerjaan kita sehari-hari menjadi sebuah kreativitas?Ini adalah sesuatu hal yang sulit, tetapi di sinilahpentingnya inovasi dan kreativitas.

Kelima, ukurlah kinerja Anda secara komprehensip. Apasaja bisa diukur dan tentukan tolok ukur yang tepat,karena kalau tidak ada tolak ukurnya kita tidak akanpernah tahu bahwa kita ini sudah bagus atau belum.

Keenam, petiklah keuntungan dari ketidakpastian.Artinya, kita harus fleskibel, terutama di Indonesia,di mana ketidakpastian begitu besarnya. Banyaknyaperubahan yang sangat penting terjadi di Indonesia.Karena perubahan itu, buatlah perusahaan kitasefleksibel mungkin.

Ketujuh, fokuslah pada pelanggan akhir. Mungkin kitamenjual handphone melalui sebuah importer,distributor, retailer baru ke customer. Maka yangperlu diperhatikan oleh kita adalah end customer.

Kedelapan, hilangkanlah batasan-batasan dan bekerjasamalah dengan siapa pun. Jangan pernah memikirkanbahwa Anda orang marketing, produksi atau yanglainnya. Karena semua itu tidak perlu. Kita harusberpikir bahwa semua dari perusahaan kita, semuaorang, semua partnership kita dan dengan siapa punkita satukan untuk memberikan produk yang terbaikkepada pelanggan.

Kesembilan, cobalah memperkuat kompetensi kita,bekerjasama dengan perusahaan lain dan hanyamemfokuskan diri kita pada kemampuan inti kita. Apayang bisa kita lakukan yang terbaik, maka fokuskanlahdi situ. Dengan begitu kita bisa berharap perusahaankita bisa maju dengan lebih baik.

Demikian business wisdom hari ini. Semoga bermanfaatbagi Anda dan orang-orang di sekitar Anda.

Regards,

Sumirat, 08129573302Karyawan yg lagi kuliah di "kampus Jalanan, Universitas Kehidupan"http://dikania.blogspot.com/

No comments: