Sunday, May 30, 2010

belajar dari pohon pisang

Minggu ini adalah libur panjang dan kesempatan ini dimanfaafkan liburan ke bogor untuk bersilaturahmi dengan mertua saya.
Ada kebun disebelah rumah dan kebetulan ada pohon pisang yang sedang berbuah dan sudah matang, memang waktunya dipotong.
Dan tahukah anda?...ternyata pohon pisang itu berbuah hanya satu kali saja, setelah berbuah dia akan mati dengan sendirinya, makanya setelah berbuah biasanya pohon pisang atau gedebong pisang dipotong.
Dan tahukah anda juga..?, bahwa pohon pisang akan terus bertumbuh sampai menghasilkan buah pisang walaupun pohon tersebut dipotong untuk dimatikan akan tumbuh lagi, dipotong lagi akan tumbuh lagi, dipotong eh tumbuh lagi, sampai tujuannya tercapai yaitu berbuah.
Nah.. belajar dr pohon pisang, sma seperti kita kalau tujuan "berbuah" belum tercapai walaupun di "potong", dijegal, dikritik, dilecehkan, dipandang sebelahmata,dihina, dicacimaki, difitnah, ditipu, dibohongi, diancam, dikhianati atau apapun itu, dan mungkin hal itu terjadi berkali kali, itu tak akan membuat pudar atau lupa akan tujuannya yaitu tetap "berbuah" atau sukses atau tercapai tujuannya.
nah apakah kita tidak bisa belajar dari alam kehidupan dari sebatang pohon pisang. Pisang aja bisa..

No comments: