Sunday, May 30, 2010

Apa yang anda lakukan jika hanya ada uang rp. 1000?

Ini kejadian benar terjadi dan diceritakan oleh bapaknya sahabat istri saya.
Kejadiannya di tahun masa revolusi tahun 1966.
saat itu sebut saja pak Nasir dan temannya baru lulus dr SMA di Sumatra Utara, tetapi daerah orangtuanya ada di Mandailing sekitar 500km dr Medan.
Saat selesai sma tidak ada biaya untuk terus kuliah tapi pulang kampung malu juga kl jadi pengangguran. Maka dengan tekad dan nekad akhirnya dia marantau ke Jakarta dengan sahabatnya, hanya berbekal cerita dari orang orang disana kl ke jakarta cari aja daerah roxy banyak orang Mandailing disana katanya, saat itu daerah roxy terkenal krn tempat para pedagang.
singkat cerita dia sampe di pelabuhan Tanjung Priok Jakarta. dan dr situ dia bingung kl ke Roxy gimana?, akhirnya dia carter mobil, dan dengan cerdiknya dia bilang, "pak tolong antar saya ke roxy biaya "sekian" dan akan sy bayar kl sampai ke roxy, terserah bapak mau lewat mana. Pokoknya kl ngak sampe ngak saya bayar"
Eh akhirnya sampe juga dia di Roxy. Tapi ternyata ngak gampang juga cari teman yg satu daerah disana, disaat kebingungan disana, bingung apa yang harus dilakukan, tinggal dimana, tidur dimana, ngak ada sanak family dan uang ditangan hanya rp. 1000.
coba tebak apa yg dilakukannya dengan uang rp. 1000 saat itu di tahun 1966, tidak punya sodara di jkt dan baru lulus sma?.




jawabannya...




adalah..






ternyata dia beli sandal beberapa kodi di tanah abang dan dia jualan sandal di roxy.
untuknya bisa buat makan dan sewa penginapan.

sekarang dia bisa hidup dengan damai berasma anak cucunnya.

nah kl kita jaman sekarang, misal saja dikantong cuma ada rp. 100rb atau 1jt atau 10jt apa yang akan kita lakukan..?
ah masa generasi sekarang kalah semangat dengan generasi bapak dan kakek kita...

No comments: