Monday, March 30, 2015

Memlih teman bisnis/kerjasama/perusahaan

Dear Fren,

Dalam memulai suatu usaha, kita perlu berjalan dengan teman atau rekan kita utk bisa menjalankan bisnis atau usaha bersama mungkis istilahnya bersinergi, kolaborasi
berikut adalah pengalaman bekerjasama yg pada akhirnya belum bisa berjalan dengan baik. dan mungkin bisa menjadi, pelajaran bagi kita semua.

 - Sekitar thn 2004, saya bekerja sama dengan teman, utk menjual produk, teman saya punya chanel dengan yg punya produk dan saya punya chanel dengan calon pembeli, kesepakatan di buat by lisan apapun hasilnya kita akan bagi 2, 50:50, dan ternyta pada penjualan paket pertama berlangsung sukses, tapi paket berikutnya saya gak pernah tahu, ternyata saya tahu dari calon pembeli yg didatangi langsung teman saya dan ktnya sdh bilang ke saya utk transaksi langsung tanpa saya, teman bisnis tsb  bisnis bisa sj jalan melewati kita.(kita dilupakan)

- tahun 2005, saya memodalai orang utk usaha stel velg, saya memodali barang, nayar sewa tampat, dia hanya pekerjaan jasanya, dan sepakat berapun hasilnya akan di bgi2,50:50, tapi pada perjalannnya bejalan kurang baik menurut dia, pembagian tidak bisa 50:50 selalu utk dia lebih banyak, sampai akhirya di bulan ke 6, kita putuskan utk bubar saja kerjasamanya dan besok nya dia kabur dengan membawa sebaian alat2 kerja.

- sekitar tahun 2006 saya bantu atau support di perusahaan teman teman dan pada perjalannanya sampai harus berpisah, tapi komitmen saat berpisah ada yg dilanggar, yaitu gaji terakhir sy yg tak pernah terbayarkan krn alasan perusahaan tak ada uang. dan sekrg perusahaan tsb sdh tak ada kabarnya

- 2010, pernah bantu perusahaan utk selesaikan kerjaan dan sesuai kesepakan kami kerjakan, semua berjalan baik, samapi yg terakhir dikerjakan dan sdh keluar biaya walu belum selesai 100% karna harus menunggu proses yg lain dan ternyata penyelesai dikerjakan pihak lain dan sy tak pernah terbayarkan dari biaya yg sdh keluar.

-2011, kalu ini bkan teman bisnis tapi keberja di perusahaan, status dikontrak pertahun, kerjaan berjalan lancar bagus dan aman saja, kemudian kontrak di perpanjang, tapi di tengah jalan di stop dan udahan krn project sdh tak ada lg, sulit bertahan dan tak ada pla teman yg perjuangkan, tapi itulah kalan hidup harus di terima.

- 2012, berteman dengan teman kerja, atau bawahan lah istilahnya, krn sdh jalan beberpa lama maka saya timbul  kepercayaan, sampai suatu saat laporan kerjanya dia tambah-tambahkan 9sy kurang teliti utk cek) dan saya percaya saja dan setelah berjalan, timbul banyak data yg berlebigh dan imbasnya saya yg harus ikut menanggung beban dan resiko ada pemotonngan uang.

- kesimpulan dari apa yg terjadi adalah, kerjasama bisa terbentuk namun komitmen utk terus benar, setia dan jujur itu sulit..., yg namanya kerjasama , apa saja bisa terjadi dikemudian hari...

to be continue...

No comments: