Monday, October 13, 2008

Sharing Pengalaman Penipuan Voucher Pulsa Elektrik

Ini pengalaman kami sharing ke milist agar teman-teman yang lain tidak mengalami hal sama.


Kejadiaannya terjadi hari jum'at kemarin, datang ke Konter Kania Cell1 pelanggan minta diisi pulsa XL elektrik 10.000 kemudian dia infokan no hpnya, krn kebetulan stok Dompet Pulsa di konter tsb habis maka minta ke konter Kania Cell2 (saat ini ada 3 counter yg saling support satu dg lainnya), dan lansung di inject dan sukses, terbukti di HP sudah ada pesan,”berhasil pengisian pulsa ke 08XXXX sebesar 10rb”udah sukses diisi, tapi karena pesan itu adanya di konter yg ke 2 maka, kami ngak bisa perlihatkan ke pelanggan, hanya infokan kalau pulsa tersebut sudah masuk, tapi pelanggan mengaku belum masuk dan dia kasih unjuk di hp dengan cek pulsa dan saldonya masih sekitar beberapa ratus rupiah, kami tegaskan lagi, ”pak memang kami ngak bisa kasih unjuk pengisian karena di isi dari konterlain/cabang”. Tapi dia tetap ngak mau ngaku kalau pulsanya belum masuk.

Karena hubungan kami dengan Grosir voucher terjalin baik dan hampir tiap dua kali sehari kami belanja di PGC Cililitan, maka minta segera diisikan Dompet Pulsa, ngak berapa lama Dompet pulsanya sudah terisi, dan kita coba lagi inject ke no HP dia, dan pesannnya, sama ”berhasil pengisian pulsa ke 0818XXXX sebesar 10rb” , eh tapi dia tetap bilang belum masuk pulsanya, dan dia unjukin pulsanya masih belum bertambah. Kemudian kami ngak kehilangan akal, coba call no HP tsb di call dari konter dan ternyata no hp tsb ngak aktif, infokan ke dia kenapa kok hpnya ngak aktif?, , dan kmudian dia cepat-cepat buka HP dan ganti chip HP dg no yg diisi pulsa dan ngak lama setelah aktif, masuk pulsanya, dan cepat2 dia pergi,

Kesimpulannya, dia sengaja isi pulsa nomer yg diminta diisin dan hp yg dia kasih liat nomernya berbeda, artinya dua kali pulsa elekrik kami masuk ke hpnya padahal dia bayar satu kali.

Hati -hati untuk teman teman yang bisnis voucher pulsa elektrik jika ada kasus seperti ini.

Solusinya,

  1. Setiap isi elektrik, tanyakan apakah pelanggan tsb hpnya dibawa?, isikan pulsa sampe HP nya terisi pulsanya/pulsanya bertambah. Jika HP-nya ngak dibawa atau buat kirim ke orang lain, infokan agar segera cros cek setelah pengisian pulsanya.
  2. Tulis di buku logbook, no HP-nya pelanggan, isikan nomernya sesuai yg dia minta, dan ketika transaksi siap di eksekusi, sebutkan lagi sampe pelanggan bilang ya atau mengangguk tanda nomernya itu benar, ini untuk jaga-jaga krn jika dia salah infokan atau tulis no hpnya kita tidak disalahkan.
  3. Setelah transaksi sukses, tunjukan pesan yg ada di HP, agar pelanggan baca, bahwa nomernya sudah terisi.
  4. Kalau dia bawa HP, setelah terisi segara HP-nya akan ada pesan sms masuk dan cek bersama-sama, bahwa pulsa sudah masuk dan transaksi sukses.

Demikian sharinganya, semoga bermanfaat..., atau teman-teman ada saran atau pengalaman lain..?

1 comment:

My Jozie said...

good pak...kapan2 kita ngobrol via ym pak sharing and bagi pengalaman...